Cara Bayar Denda Tilang Elektronik Dan Langkah Mendapatkan Kode Ebilling

Cara Bayar Denda Tilang Elektronik Dan Langkah Mendapatkan Kode Ebilling

Beberapa tahun belakangan ini pemerintah Indonesia memang sudah mulai menerapkan sistem tilang berbasis elektronik atau yang dikenal sebagai ETLE. Cara yang satu ini ternyata lebih efektif digunakan untuk menjaring para pelaku pelanggaran lalu lintas secara lebih cepat dan mudah. Sehingga nantinya bisa memberikan efek jera kepada mereka, karena surat tilang akan langsung dikirimkan ke rumah. Begitu juga dengan cara bayar denda tilang elektronik bisa dilakukan online.

Cara Mendapatkan Kode Ebilling Tilang

Pada dasarnya mungkin banyak diantara Anda yang sudah tahu bahwa dengan adanya sistem ETLE ini sangatlah membantu pekerjaan aparat kepolisian, karena tidak perlu lagi turun ke jalan dalam melakukan razia. Dimana jika nantinya menemukan pelanggaran maka bisa secara langsung menilang, uang juga masuk ke kas negara, tidak ke kantong oknum-oknum yang kurang bertanggungjawab. Hal ini secara langsung juga akan meningkatkan citra kepolisian di mata masyarakat.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kode ebilling yang nantinya akan digunakan dalam pembayaran denda tersebut? pada dasarnya mudah, ikuti beberapa langkah berikut ini, yaitu:

  1. Mengunjungi website kejaksaan.go,id. Setelah surat tilang dikirimkan ke rumah Anda, maka langkah yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan mengakses website resmi Kejaksaan.
  2. Memasukkan nomor atau kode berkas tilang yang Anda dapatkan dari pihak yang berwajib, pastikan pada saat pengisian dilakukan dengan benar, cek kembali sehingga tidak ada yang salah.
  3. Jika sudah sesuai maka nantinya akan memunculkan informasi rincian denda tilang yang nantinya harus Anda bayarkan.
  4. Setelah itu Anda dapat menentukan mengenai tanggal pengambilan barang bukti tilang tersebut. Jika sudah maka tinggal klik menu bayar, disana nantinya akan segera muncul rincian mengenai kode tilang yang harus dibayarkan, jangan lupa disalin, sehingga lebih mudah dipakai membayar.

Langkah Mudah Membayar Denda Tilang Elektronik

Diantara cara bayar denda tilang elektronik yang bisa Anda lakukan adalah melalui bank BCA, sudah sejak lama layanan ini menawarkan kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan pembayaran denda tilang, bahkan tidak perlu kemana-mana cukup dilakukan dari rumah saja karena berbasis online atau digital. Berikut ini diantara langkah-langkah mudahnya yang dapat diikuti, yaitu :

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun dari KlikBCA individual atau KlikBCA bisnis, kedua akun tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembayaran denda tilang.
  2. Setelah itu login dengan menggunakan akun yang sudah Anda miliki dan pilih menu ‘pembayaran’ yang ada disana. Akan tersedia beberapa pilihan menu yang lain, termasuk diantaranya adalah ‘pajak’, pilih penerimaan negara.
  3. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan kode billing yang telah didapatkan dari akses sebelumnya. Kode ini bisa segera Anda masukkan kesini, penting untuk memasukkan kode dengan benar, sehingga Anda bisa mengeceknya lagi terlebih dahulu sebelum dicari.
  4. Jika sudah sesuai maka akan langsung muncul informasi mengenai rincian denda yang harus Anda bayarkan, jika seandainya tidak masuk ke layanan ini, artinya memang ada kesalahan pada saat memasukkan kode tersebut sehingga pastikan bahwa Anda memperbaikinya lagi.
  5. Cek kembali mengenai detail informasi pembayaran yang sudah ditampilkan di layar, jika sudah sesuai maka lanjutkan pembayaran dengan memasukkan respon keyBCA Anda dan klik kirim.
  6. Tunggu beberapa saat dan pembayaran sudah berhasil dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan bukti dengan cara mencetaknya. Lewat bukti pembayaran yang sudah selesai dilakukan maka nantinya Anda bisa segera mengambil barang bukti tersebut.

Mudah bukan cara bayar denda tilang elektronik ini? sekarang tidak perlu kemana-mana atau lama-lama antri. Karena memang semuanya dapat dilakukan hanya melalui satu klik saja. Bank BCA sendiri pada dasarnya memiliki layanan mobile banking yang dapat digunakan untuk menunjang berbagai macam jenis transaksi keuangan Anda secara lebih mudah. Tidak perlu kemana-mana karena semuanya dapat dilakukan cukup dari rumah. Bahkan sekarang ini fitur-fiturnya sudah mendapatkan banyak pembaharuan, termasuk juga memungkinkan untuk dipakai dalam melakukan investasi secara online. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menjadi bagian dari bank BCA.

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *