3 Tips Perawatan Gigi dan Mulut untuk Peminum Kopi

Dokter Gigi Sharon Huang mengingatkan para peminum kopi harus berhati-hati dengan kebiasaan menyikat gigi.

Dia mengatakan bahwa menyikat gigi setelah mendapatkan kafein sangat tidak dianjurkan.

“Makanan dan minuman yang tinggi asam—kopi adalah salah satunya—demineralisasi gigi, atau melembutkan email gigi Anda,” jelas Dr.

Huang.

“Melakukan apa pun dengan gigi Anda segera setelah [seperti] menyikat atau menggunakan benang gigi saat email masih lunak dapat merusak gigi, menyebabkan sensitivitas atau mengembangkan titik lemah yang dapat menyebabkan gigi berlubang.” Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk menyikat gigi segera setelah selesai minum kopi.

Anda masih bisa menyikat gigi.

Dr Huang menyarankan menunggu setidaknya 30 menit sampai satu jam.

“Setelah Anda minum kopi, bilas mulut Anda dengan air, dan tunggu setidaknya 30 menit setelah Anda selesai minum kopi untuk menyikat gigi lagi.

Setelah tanda 30 menit, email Anda telah mengeras kembali dan tidak akan hilang dengan menyikat gigi, ”katanya.

Dr.

Huang juga menambahkan bahwa menyikat gigi sebelum waktu minum kopi sangat ideal karena plak dan bakteri berkumpul di gigi dalam semalam.

“Jika plak pada gigi Anda saat Anda minum kopi, berarti Anda belum menyikat gigi, kopi dapat menodai plak, membuat gigi tampak lebih gelap.” Sementara waktu ideal untuk menunggu minum kopi setelah menyikat gigi, dia mengatakan untuk menunggu sekitar 10 menit.

“Setelah menyikat gigi, air dan kopi aman untuk diminum segera karena mineral dalam pasta gigi telah memperkuat, meremineralisasi, dan membersihkan permukaan gigi dari bakteri yang menumpuk,” Dr.

Huang berbagi.

“Namun, untuk rasa terbaik, Anda mungkin ingin menunggu 10 menit untuk menghindari kopi atau air beraroma pasta gigi.” Menurut Dr.

Huang, rutinitas perawatan mulut terbaik untuk semua orang, terutama peminum kopi, terdiri dari empat langkah utama yang harus dilakukan setiap hari dan dengan urutan sebagai berikut.

Pertama, mulailah dengan flossing, lalu gosok gigi (lakukan langkah ini pagi dan malam, idealnya dengan sikat gigi elektrik).

Selanjutnya, Dr.

Huang merekomendasikan penggunaan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri dari lidah.

Dan terakhir, akhiri dengan obat kumur bebas alkohol.

“Hal yang paling penting adalah flossing setiap hari dan menyikat gigi dua kali sehari,” kata Dr.

Huang.

“Ini sangat penting untuk menghilangkan plak dan puing-puing dari kopi atau minuman atau makanan Anda, serta penumpukan bakteri alami yang terjadi di semua mulut.” Menambahkan obat kumur ke rutinitas perawatan mulut Anda juga merupakan ide bagus.

Obat kumur dapat membantu menghilangkan bakteri, plak, dan kotoran lebih lanjut, serta menjaga napas Anda tetap segar.

Menerapkan rutinitas kebersihan mulut empat langkah ini secara rutin tidak hanya mengurangi penumpukan bakteri di mulut, tetapi juga berarti semakin sedikit tempat di mana noda kopi dapat menempel.

“Noda superfisial menempel pada bakteri di permukaan sebelum masuk ke lapisan gigi yang lebih dalam untuk menjadi noda yang dalam,” kata Dr.

Huang.

Untuk pencegahan noda dan kesehatan mulut secara umum, melakukan pembersihan gigi secara profesional dua kali setahun juga merupakan kuncinya.

“Dokter gigi Anda memiliki alat yang ampuh untuk menghilangkan noda di permukaan sebelum mereka mulai bermigrasi ke lapisan gigi yang lebih dalam,” kata Dr.

Huang.

Pasta gigi pemutih adalah cara lain untuk membantu melawan noda dan merupakan strategi yang direkomendasikan oleh Dr.

Huang jika gigi Anda dapat mentolerirnya tanpa meningkatkan sensitivitas.

“Saya selalu merekomendasikan mengganti pasta gigi pemutih dengan pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi sensitif untuk mengurangi sensitivitas,” katanya.

WELL+GOOD

admin

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *